Sejarah Nagari

        Nagari Sungai Rumbai Timur menurut wari nan bajawek imanat nan bapocik dari urang tuo-tuo terdahulu pada mulanya berasal dari tepatan (bateh) sesuai dengan strategis daerah yang tepatnya terletak di perbatasan Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Barat. Perbatasan tersebut merupakan gerbang utama wilayah selatan menuju Sumatera Barat. Awalnya penduduk Nagari Sungai Rumbai Timur berasal dari Koto Besar, Abai Siat, Tanjung Gadang, Pariaman, Pesisir Selatan, Sumatera Utara dan Jawa.
      Seiring dengan perkembangan dan waktu Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat menugaskan Kepala Kesatuan Pemangkuan Hutan Sumatera Barat Selatan (KKPHSBS) untuk mendirikan Pos Kehutanan. Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KBKPH) Muaro Sijunjung dan Petugas Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Koto Baru bertanya kepada Ir. J Ibrahim Purba tentang nama Pos yang dimaksud. Sekitar bulan Oktober sampai bulan Desember 1979 Ir. J Ibrahim Purba memerintahkan untuk membuka Peta Sumatera Barat dan terlihat diwilayah Koto Baru terdapat sebuah sungai yang nama sungai tersebut adalah “Sungai Rumbai” maka Bapak Ir. J Ibrahim Purba memerintahkan agar nama Pos Kehutanan tersebut diberi nama “Pos Kehutanan Sungai Rumbai”. Semenjak Pos Kehutanan Sungai Rumbai didirikan maka lama kelamaan nama “Bateh” yang dulunya mulai terganti dengan nama “Sungai Rumbai” hingga saat ini.
       Pada tahun 2000 jumlah penduduk Nagari Sungai Rumbai semakin meningkat dengan pertambahan jumlah penduduk tersebut maka sesuai dengan Peraturan Daerah Sumatera Barat No 9 Tahun 1999 dan Peraturan Daerah No 2 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Nagari, maka pada Tahun 2009 terjadilah Pemekaran Nagari Sungai Rumbai menjadi 2 Nagari yaitu:
1. Nagari Sungai Rumbai ( Nagari Induk )
2. Nagari Sungai Rumbai Timur ( Nagari Pemekaran )

         Wali Nagari sementara di Nagari Sungai Rumbai Timur dipimpin oleh Ir. SYAHRUL EFENDI, setelah melakukan pemilihan Wali Nagari maka terpilih Wali Nagari Sungai Rumbai Timur definitif yaitu ARISMAN BGD SUTAN S.Sos yang dilantik oleh Bupati Dharmasraya pada tanggal 14 Mei 2010.
Nagari Sungai Rumbai Timur terdiri dari 7 Suku yaitu :
1. Caniago.
2 .Piliang
3. Malayu Rumah Nan Ampek
4. Malayu Koto Tinggi
5. Malayu Kampuang Malayu
6. Malayu Talao Aia Hitam
7. Patopang
Tujuh suku tersebut mempunyai pegawai adat sebanyak 42 orang yang terdiri dari urang tuo suku 7 orang, penghulu 7 orang, monti 7 orang, malin 7 orang, dubalang 7 orang, dan bundo kanduang 7 orang.

Silsilah Wali Nagari

ARISMAN BGD SUTAN, S.Sos

Wali Nagari Sungai Rumbai Timur

Periode 2010 – 2016

ARISMAN BGD SUTAN, S.Sos

Wali Nagari Sungai Rumbai Timur
Periode 2017 – 2022